19 January 2007

GoPlan mengancam BaseCamp

Dengan maraknya wirausahawan luar melakukan bootstraping, sistem kolaborasi lewat internet menjadikan suatu keperluan mutlak bagi para freelancer internet. Salah satu aplikasi kolaborasi adalah Basecamp, yang menawarkan harga beragam mulai dari coba-coba selama 30 hari sampai dengan $150 per bulan, termasuk mahal bagi personal.

Seminggu yang lalu saya menemukan GoPlan, dan saat ini mencobanya bersama seorang client untuk proyek kami. GoPlan termasuk sangat ringan dan sederhana dibandingkan dengan Basecamp. GoPlan saat ini masih dalam tahap beta, tetapi dalam waktu dekat akan masuk ke tahap final. Harga versi final lebih murah dibandingkan BaseCamp. Untuk versi Free anda diperbolehkan mempunyai sampai 2 proyek dan 3 pengguna. Lumayan untuk keperluan pribadi sih, mungkin ini bisa jadi pilihan alternatif.

Harga GoPlan yang paling murah adalah $10 dengan 12 proyek dan 8 pengguna, kira-kira dalam Rp. 90.000 untuk sebulan. Harga tersebut termasuk murah untuk skala kantor kecil dengan harga per-proyek di bawah 10 juta.

Menurut saya GoPlan mempunyai masa depan yang cerah, bisa menjadi saingan BaseCamp. Hanya saja agak disayangkan, marketing mereka agak kurang keras.

No comments:

www.flickr.com